Jumat, 06 Juli 2012

Derby Merseyside

Derby Merseyside adalah nama yang diberikan untuk setiap pertandingan klub sepak bola antara Everton dan Liverpool, dua klub paling sukses dari kota Liverpool di Inggris.
Secara tradisional, derby Liverpool disebut sebagai derby ramah karena banyaknya pendukung yang mendukung baik The Reds maupun The Toffees dalam satu keluarga di dalamnya. Pada tahun 1955 sebuah surat kabar nasional sudah menyebutkan pertandingan ini sebagai "Derby Merseyside", 19 tahun sebelum County Merseyside dibentuk.

                                       
  
 Derby ini juga dikenal ramah, karena tidak adanya pemisahan total dari para pendukungnya. Tidak jarang untuk melihat Evertonians dan Liverpudlians duduk bersama selama pertandingan derby. Sebuah pemandangan aneh di tahun 1984 pada final The Milk Cup di Wembley terjadi, dimana hampir semua penonton yang hadir di stadion secara bersama-sama melantunkan nyanyian "Are You Watching Manchester"? untuk menyindir keterpurukan United dan City di era 80-an dan juga sekaligus untuk menyombongkan pencapaian dua klub Merseyside di sepakbola Inggris pada waktu itu. Bernyanyi dan duduk bersama? Sebuah pemandangan yang tidak akan dijumpai dalam derby Manchester yang tidak hanya panas di dalam lapangan, tapi juga sampai di luar lapangan.

               

Namun sejak pertengahan 1980-an, persaingan menjadi lebih intensif baik di dalam maupun di luar lapangan. Apalagi sejak dimulainya Liga Primer Inggris, derby Merseyside telah memiliki kartu merah lebih dari jumlah permainannya sendiri, sehingga disebut sebagai "yang paling panas dan tidak disiplin".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar